Bongkar News

Kampus STIM Sukma Medan dan Wakil Wali Kota Medan Mengajak Warga Medan Bergibah




Bongkar Merdeka.com | Medan,-

Kembali kampus Sekolah TInggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan melakukan aksi lingkungan berupa kegiatan bersih-bersih lingkungan melalui program Sukma Cinta Alam dan Lingkungan (SUCITA) pada Minggu (18/06/2023) di sekitaran Lapangan Merdeka Medan dan Kawasan Heritage Kesawan Medan.

AYO GIBAH (Ayo Giat Bersih Sampah) menjadi kampanye kampus yang terakreditasi BAIK SEKALI di Lalemba untuk Program Studi S1 Manajemen ini.

Dihadiri Ketua STIM Sukma Medan, Dr. Wardayani, S.E, M. M. Si, kegiatan AYO GIBAH meliputi aksi kutip sampah, menghimbau warga yang berjualan dan olahraga agar membuang sampah ke kantung sampah yang tersedia, atau bila tak ada dosen dan mahasiswa/i  memberikan secara gratis. Setelah sampah yang terdiri dari bekas makan dan minum terkumpul, diserahkan ke truk pengangkut sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

"Kebiasaan membuang sampah di tempat sampah dan tidak sembarangan harus menjadi kebutuhan dan gaya hidup, semoga apa yang kampus STIM Sukma Medan lakukan pada hari ini melalui aksi AYO GIBAH dapat kembali mengingatkan warga Kota Medan tentang pentingnya kebersihan lingkungan, dan bagi kampus sendiri ini menjadi tanggung jawab bahwa seluruh civitas akademika juga harus sadar kebersihan," jelas Wardayani.

Ayo Gibah merupakan himbauan dan ajakan kembali kepada seluruh warga Kota Medan untuk selalu hidup bersih lingkungan, bersih tempat tinggal, tempat kerja, tempat berjualan, tempat ibadah, tempat acara, tempat pendidikan, dan tempat rekreasi. Buang sampah dengan kesadaran di tempat sampah bukan di sungai agar tercipta lingkungan yang indah, rapi dan sehat.

"Jangan artikan ajakan gibah ini negatif, sebab ajakan bergibah yang berasal dari kata ghibah dalam bahasa Arab bukan ajakan bergunjing atau bergosip yang dilarang melainkan ajakan Giat Bersih Sampah, selain untuk tujuan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswanya/i, juga dalam rangka hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni dan peringatan Dies Natalies ke-23 kampus yang jatuh pada 9 Juni 2023 lalu, dan pada hari ini pula launching komunitas Remaja Peduli Sampah (REMPAH) chapter STIM Sukma untuk mendukung program kebersihan Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat Kota Medan bersih dari sampah," tutur Yan Djuna, staf ahli non akademik kampus yang beralamat di Jalan Sakti Lubis No. 80 Medan.

STIM Sukma Medan adalah kampus berbasis STIFIn, saat ini sedang membuka pendaftaran mahasiswa/i baru untuk program studi manajemen S1 Pariwisata, Pemasaran, Keuangan, Informatika dan D3 Manajemen Perusahaan. Ayo Bergibah, Ayo Bergiat Bersih Sampah, satu dari banyaknya kegiatan yang dilakukan kampus untuk memberitahukan kepada publik bahwa kampus sangat peduli terhadap persoalan lingkungan dan sosial selain kewirausahaan (mahasiswapreneur).

Tampak hadir diantara dosen dan mahasiswa/i yang melakukan kegiatan AYO GIBAH, Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E yang sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh kampus Seikolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan ini karena mengajak warga Kota Medan Giat Bersih Sampah mendukung program kebersihan Kota Medan.



Penulis  :  yan/ vid

Editor     :   Redaksi

Type and hit Enter to search

Close