-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BAKESTA bentuk Satuan Tugas Bogor Raya

Monday, 26 July 2021 | July 26, 2021 WIB | 1133 Views Last Updated 2021-07-26T08:53:20Z

 


KOTA BOGOR - Badan Kesehatan Tsabit Mulia (BAKESTA) sukses gelar kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) guna pembentukan Satuan Siaga (SATGA) BAKESTA Bogor Raya di Villa Tonjong Bogor, Sabtu (10/10/20).

Pada kegiatan yang bertajuk Penanganan Kegawat Daruratan (PKD) ini, BAKESTA bekerjasama dengan berbagai organisasi pecinta alam dan mengundang Palang Merah Indonesia (PMI) beserta Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk mengisi dan memberikan materi. 

Kepada 32 peserta DIKLATSAR ini, PMI dan BPBD Kabupaten bogor memberikan tips-tips, materi dan skill dalam hal bagaimana pemberian Pertolongan pertama yang baik dan benar, cara mengevakuasi korban, pengetahuan tentang POS SIAGA bencana hingga pengalaman mereka ketika dilapangan. 

"Kami dari PMI memang ada sarana SDM untuk meningkatkan kapasitas relawan juga dengan mengadakan latihan-pelatihan seperti ini dan pada kesempatan ini kami bekerjasama dengan BAKESTA untuk mengedukasi masyarakat terkait Pertolongan Pertama (pp) dan skill-skill untuk pengevakuasian korban bencana."ucap Asep Saefullah, Instrumen PMI.

Saat di wawancarai Khaerudin (38) selaku pelaksana acara mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk relawan BAKESTA yang terampil dan siap siaga jika masyarakat membutuhkan. 
"Kami dari Yayasan Tsabit Mulia mempunyai program BAKESTA, hari ini melakukan pembentukan SATGA atau relawan kemanusiaan dan berharap mereka bisa mengaplikasikan materi kesehatan dan penanggulangan bencana ini di masyarakat."ungkapnya.

Lanjut Khaerudin, BAKESTA adalah lembaga sosial dan kemanusiaan dan bidang kesehatan adalah salah-satu sektor sasaran yang di lirik. Tujuannya untuk membantu masyarakat apalagi dengan kondisi sekarang yang notabene akses kesehatan pun terbatas. Diharapkan dengan berkontribusinya BAKESTA ini bisa membantu dan meringankan beban masyarakat. 
"Alhamdulillah, bulan kemarin kita memberikan bantuan ke daerah Cicurug - Ciampea. Namun saat itu kami hanya bisa membantu dalam hal logistik, kami belum bisa memberikan bantuan relawan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan relawan BAKESTA telah terampil dan bisa memberikan bantuan tenaga suatu saat nanti."imbuhnya. 

Dalam kesempatannya, Koordinator Bidang DIKLITBANG BAKESTA yakni Dr. Lena Rohsetiani, mengapresiasi penuh dengan kelancaran kegiatan ini dan berterimakasih kepada PMI dan BPBD kabupaten Bogor yang telah membantu dan memberikan materi di kegiatan ini. 

"Alhamdulillah kegiatan Diklatsar penanganan kegawat daruratan yang dilaksanakan di Villa Tonjong Bogor ini berjalan lancar. Program dari Bidang Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Badan Kesehatan Yayasan Tsabit Mulia Indonesia (DIKLITBANG BAKESTA) bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pelatihan bahkan keterampilan bagi masyarakat umum yg memiliki kepedulian dalam masalah Penanganan Kegawat Daruratan. Alhamdulillah kami bisa bekerja sama dengan PMI dan BPBD sebagai lembaga yang sudah capable dalam memberikan Penanganan Kegawat Daruratan."tuturnya. 

Untuk menambah informasi, sebelumnya mereka sukses mengadakan tiga kali perekrutan relawan SATGA BAKESTA di dua kota secara beruntun. Diantaranya, di daerah Nyalindung-Sukabumi, Karang Tengah-Cianjur kemudian di PMI Cabang Cianjur.
×
Berita Terbaru Update