Bongkar News

Ada 2 Negara di Dunia Yang Masih Gunakan Minyak Goreng Curah, Sebut Luhut


BONGKAR MERDEKA.COM  |  JAKARTA, MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan  hanya ada dua negara di dunia ini yang masih menggunakan minyak goreng curah. 


Negara tersebut adalahi Bangladesh dan Indonesia. 


Namun lebih dari itu, Luhut ingin menghapus minyak goreng curah tersebut dan menggantinya pada kemasan sederhana.


Kini rencananya, mengenai penghapusan tersebut akan dilakukan secara bertahap.


"Meskipun begitu, kita mau curah tersebut akan kita bikin kemasan sederhana, namun bertahap ya, "kata Luhut di kantor BPKP, Rabu (15/6)


Luhut berjanji, nantinya harga minyak goreng kemasan sederhana itu, sebagai pengganti minyak goreng curah tersebut akan diupayakan di harga Rp.14.000 per liter.


Luhut meyakini harga tersebut bisa dijaga, dengan catatan suplai bahan baku minyak goreng sederhana mencukupi. "Begitu market mecanism, kalau suplainya cukup ya jalan, "kata dia


Sekadar informasi, pasalnya pemerintah berencana untuk menghapus minyak goreng curah.


Alasannya itu karena minyak goreng curah kurang baik untuk dikonsumsi.


Meski rencana tersebut juga sudah dikomunikasikan dengan pengusaha. Mereka pun diminta untuk menyiapkan minyak goreng kemasan dengan harga tetap.


Lebih dari itu menanggapi rencana tersebut, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri, "mengatakan, penghapusan minyak goreng curah sudah diwacanakan beberapa kali pada beberapa  tahun sebelumnya. "ucap nya 


Sementara menurut Mansuri, isu penghapusan minyak curah itu terjadi karena beberapa sebab, penyebab diantaranya adalah higienisitas, dan di dunia cuma ada dua negara yang menggunakan minyak goreng curah tersebut yaitu Indonesia dan Bangladesh.


Namun, kata Mansuri, IKAPPI melihat beberapa fakta di lapangan penghapusan minyak goreng curah cukup sulit diwujudkan.


Meski begitu memang, hal itu karena kebutuhan nasional untuk masyakarat menengah ke bawah masih bergantung pada minyak goreng curah, sehingga kebijakan tersebut akhirnya dibatalkan.


"Selain itu sejak 2014, sampai terakhir tahun lalu 2021 juga pernah di wacanakan penghapusan minyak goreng curah. Namun wacana tersebut di batalkan sendiri oleh Kementerian Perdagangan, "imbuh nya.



Editor    :  Redpel

Type and hit Enter to search

Close