Bongkar News

Melalui Program KNB, Sejumlah Mahasiswa Asing Dikenakan Budaya dan Sejarah Bogor


BONGKAR MERDEKA.COM  |  KOTA BOGOR, SEJUMLAH Mahasiswa asing melalui program beasiswa KNB. Sekolah Pascasarjana IPB University dikenalkan budaya dan sejarah bogor.

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima kunjungan 17 mahasiswa asing program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Sekolah Pascasarjana IPB University.

 

Kedatangan nya yang berlangsung di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (14/6).

 

Kunjungan ke Balai Kota, sebagai salah satu cara mengenalkan budaya Indonesia mengingat para mahasiswa ini akan tinggal di Kota Bogor dalam waktu lama.

 

"Kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk mengenal Kota Bogor dan mereka sangat senang bisa bertemu dengan walikota bogor, "kata Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana IPB University, Titi Candra Sunarti.

 

Selain itu. "Titi juga mengatakan, sejak 2008 IPB University sudah menerima mahasiswa KNB dari berbagai negara di benua Asia dan Afrika."kata dia

 

Sementara tahun ini ada lima mahasiswa asing yang dibiayai negaranya masing-masing dan 12 mahasiswa asing KNB yang dibiayai pemerintah Indonesia atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri.

 

"Jadi mereka mendaftar di kedutaan Indonesia di negara mereka dan syaratnya wajib bisa berbahasa Indonesia, "terang dia

 

Ia juga menuturkan, sebelum dimulai perkuliahan, para mahasiswa asing ini selama enam bulan diajarkan bahasa Indonesia penutur asing.

 

"Mengingat mereka masuk ke kelas reguler. Bagi mahasiswa magister mereka akan kuliah selama dua tahun dan bagi mahasiswa doktor akan kuliah selama tiga tahun. "sebutnya

 

"Setelah lulus mereka tidak perlu mengabdi di Indonesia alias bisa langsung pulang ke negaranya, namun pemerintah Indonesia membuat program agar mahasiswa asing ini ada kecintaan terhadap Indonesia sehingga  mereka bisa jadi duta Indonesia di negaranya,"kata dia   (wm)

 

 

Editor    : Redpel

Type and hit Enter to search

Close