Bongkar News

Meski Sudah PTM, PAT di SMAIT BBS Tetap Berbasis IT

 

BONGKAR MERDEKA.COM  |  BOGOR, ADA Yang Berbeda dalam pelaksanaan PAT (Penilaian Akhir Tahun) di SMAIT BBS pada tahun ini 2022,

 

Sebelumnya pada tahun lalu tahun 2021 berhubung masih dalam keadaan pandemi Covid-19, kini pembelajaran diadakan secara daring (online). Meski PAT dilaksanakan secara daring juga.

 

Lebih lanjut PAT tahun lalu. Pasalnya juga  menggunakan 2 gadget diantaranya adalah : Pertama untuk pengerjaan soal dengan Google Form, gadget. Kedua digunakan sebagai pengawasan dengan menggunakan aplikasi google meet. 

 

"Meski pada PAT tahun 2022 ini, selain pembelajaran sudah tatap muka atau PTM (offline) maka PAT dilaksanakan juga secara tatap muka di sekolah. "tegasnya

 

Begitu juga secara langsung siswa mengerjakan soal secara daring disekolah pada satu waktu atau secara bersamaan.

 

"Meski semua ruangan kelas di SMAIT BBS sudah dilengkapi serana Wifi untuk semua siswa. "kata Tito Adi Dewanto S.TP, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAIT BBS.

 

Tentunya penilaian akhir tahun di SMAIT Bina Bangsa Sejahtera, pasalnya juga dilaksanakan mukai tanggal 10 Juni 2022 hingga 18 Juni 2022.

 

Namun sebelum PAT dilaksanakan, kini sekolah mengadakan simulasi PAT (Uji Coba), kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6 Juni 2022, bertujuan untuk mengecek kesiapan jaringan internet di sekolah.

 

"Sementara untuk siswa yang berhalangan saat PAT berlangsung karena sakit, kabarnya akan diberikan kesempatan mengikuti PAT susulan pada keesokan harinya yaitu melalui (H+1), "ujar Tito kepada wartawan. Selasa (14/6)

 

Namun begitu ada juga PAT program sekolah yang diantaranya berupa sholat dhuha, tadarus quran yang disertai pembelajaran tajwid dan tahsin tetap juga dilaksanakan, meski sebelum PAT berlangsung kajian tafsir tetap pula dilaksanakan

 

Melalui program keislaman ini, penting untuk menyelaraskan antara IPTEK dan IMTAK di SMAIT BBS. Sesuai dengan motto sekolah "berprestasi dalam Ridho Illahi"

 

Selain itu pembagian raport akan diadakan pada tanggal 25 Juni 2022. Namun jeda waktu setelah PAT sebelum pembagaian raport akan diadakan class meeting atau lomba antar kelas.

 

Class meeting kali ini berupa kaulinan (permainan tradisional) seperti galasin, egrang dan cing benteng.

 

Class meeting ini sebagai wadah silaturahmi dan healing siswa setelah pelaksanaan PAT papar Tito Adi Dewanto.

 

Lebih lanjut wakur kurikulum juga menambahkan, sekolah memberikan apresiasi atau reward bagi para siswa yang berprestasi di SMAIT BBS ini diantaranya yaitu, untuk siswa yang meraih Juara Umum 1

 

Maka siswa tersebut berhak mendapatkan bea siswa berupa pembebasan SPP selama  4 bulan kedepan.

 

Kemudian untuk Juara Umum 2 akan mendapatkan pembebasan SPP selama 3 bulan kedepan.

 

Lalu untuk siswa yang mendapat prestasi Juara Umum 3 maka akan mendapatkan pembebasan SPP selama 2 bulan kedepan

 

Terlebih untuk Juara Kelas, maka Ia akan mendapatkan pembebasan SPP selama 1 bulan kedepan.

 

Kemudian yang terakhir adalah bagi siswa/siswi yang mampu menghafal quran atau tahfidz terbanyak dan tercepat maka dirinya berhak mendapatkan pembebasan SPP selama 3 bulan berturut-turut.

 

Diakhir wawancara, kini Tito pun berharap jika seluruh siswa di SMAIT BBS dapat mengikuti PAT dengan seoptimal mungkin,

 

"Walau nilai PAT sangat penting tidak hanya untuk kenaikan kelas tapi juga diperlukan sebagai jalan untuk masuk PTN lewat jalur raport yang memberi nilai istimewa atau SNMPTN yang mengharuskan nilai raport yang tinggi selama 5 semester. "imbuh nya   (imas)

 

 

Editor     :  Redpel

Type and hit Enter to search

Close