Bongkar News

Mahasiswa, Dosen Universiti Malaysia Trengganu Serta Dosen Unpak Bogor, Kunjungi Bumdes Ngahiji Desa Cihideung Ilir


BONGKAR MERDEKA.COM I BOGOR - Program kerjasama yang diselenggarakan antara Universitas Pakuan Bogor, Universitas Trengganu Malaysia dengan Forum BUMDES Kabupaten Bogor untuk membantu BUMDes dalam menjalankan kegiatan usaha, Dengan cara menggali potensi yang ada diwilayah, baik potensi UMKM ataupun potensi alam yang ada  di wilayah Desa Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, Jum’at (22/07/2022).

 

Dalam kesempatannya, BUMDES Cihideung Ilir mensosialisasikan produk yang dibuat oleh Maryam Kader di Desa Cihideung Ilir yang menjadi Produk Unggulan UKM, Berupa olahan makanan stick dan kerupuk yang berbahan bakukan Ikan Lele serta campuran daun Kelor.

 

Kerupuk yang sangat Unik karena berbahan baku dari Tulang Ikan lele, mengandung Kalsium yang bagus buat masa pertumbuhan.

 

Sedangkan stick itu, dibuat dari bahan Daging Lele serta Keju yang banyak mengandung Protein, dan Vitamin diolah sedemikian rupa dengan aneka varian rasa yang disesuaikan dengan keinginan pasar.

 

“Tujuan mahasiswi melakukan kunjungan langsung dalam rangka melihat langsung kegiatan BUMDes Ngahiji yang sebelumnya sudah mereka bantu pemasaran Sembako dan Daging Ayam melalui Tik Tok.

 

Dan kebetulan UMKM di Desa Cihideung Ilir sudah memiliki produk yang berupa Kerupuk dan Stick lele sekalian kami minta bantuannya untuk mempromosikan di Malaysia, dan gerai-gerai yang ada di kampus Universitas Pakuan Bogor,

 

Alhamdulillah, respon mereka sangat tertarik terhadap produk yang kami tawarkan,” Tutur direktur BUMDES NGAHIJI D├ęsa Cihideung Ilir ( Sukarna), menjelaskan kepada Media selesai kegiatan di kantor BUMDES Ngahiji.

 

Kepala Desa Cihideung Ilir (H Ilman) juga menyampaikan bahwa, "Desa Cihideung ilir merupakan Desa Binaan dari IPB yang kebetulan keberadaannya berdekatan dan masuk ring 1 nya.

 

Adapun kenadala yang ada para UKM yang ada di Desa Cihideung Ilir adalah Permodalan dan Pemasaran, sehingga Kolaborasi dengan BUMDes menjadi solusi dari sisi permodalan dan pihak Universiti Malaysia Trengganu dan Universitas Pakuan dapat membantu pemasarannya".

 

Selanjutnya H Ilman menambahkan,“sebagai Kepala Desa kami sambut baik atas kunjungan ini yang kemudian menjadi momen mempromosikan Produk Olahan Lokal, Saya berharap kedepannya ada kerja sama yang berkelanjutan, tidak hanya produk yang hari ini di pamerkan tapi bisa lebih luas dan banyak lagi, bahkan tadi Tester oleh Mahasiswi menyampaikan rasanya Sedap, Enak dan Unik sehingga  memiliki potensi untuk di kembangkan pasar di Malaysia,”

Type and hit Enter to search

Close