Bongkar News

Desa Sumur Batu Luncurkan Kegiatan Ketahanan Pangan


BONGKARMERDEKA.COM I CIBINONG, Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan menggunakan dana desa tahun anggaran 2022, Pemerintah Desa (Pemdes) sumur batu menggelar musyawarah desa bertempat di Aula Kantor Desa  sumur batu  Kecamatan Babakan Madang, Jumat (2/8/2022).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Kesra Kecamatan Babakan Madang, Kepala Desa didampingi Kasi Kesra, BPD, LPM, TP-PKK, Karang Taruna, Babinsa Babinkamtibmas RT RW dan Pelaksanaan Kewilayahan / Kepala Dusun (Kadus).


Dalam arahannya, Kepala Desa sumur batu  adi mengajak kepada segenap elemen masyarakat di Desa sumur batu untuk secara bersama – sama mewujudkan desa yang mandiri, beradab, religius, sejahtera yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya manusia yang jujur serta berwawasan luas.


Dirinya mengatakan musyawarah desa kali ini membahas tentang perencanaan kegiatan secara global, termasuk rencana anggaran bersama TPK, tenaga kerja, sumber daya manusia yang diberdayakan yang dilaksanakan secara swadaya oleh warga desa.


“Pertemuan ini cukup penting untuk persiapan pelaksanaan program, oleh karenanya kita mengundang RT/RW, Kadus dan kelembagaan terkait program ketahanan pangan yang diharapkan hasil kegiatannya nanti benar – benar terlaksana sesuai rencana,” harapnya.


“Saya ingin RT yang tidak hadir dalam musyawarah kali ini dapat diberitahukan hasil pertemuannya supaya nantinya semua akan tetap terlibat dalam program kegiatan 


Disamping itu, setiap kegiatannya akan dilakukan pengawasan dan sistem pelaporan yang telah ditetapkan berikut lampiran berita acara setiap kegiatannya. “Dalam pembahasan juga disinggung jenis tanaman apa saja yang lebih tepat guna untuk dikembangkan supaya mencapai target produksi yang diharapkan.


Sementara Kepala Pemerintahan  menyampaikan bahwa kegiatan ketahanan pangan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa  sumur batu yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dan gizi bagi masyarakat desa hendaknya direncanakan secara matang dengan melibatkan masyarakat desa.


Dalam kegiatan budidaya kambing dan perikanan ini tentunya perlu melakukan kordinasi dengan pihak di unit- unit pelaksana teknis terkait supaya kualitas dan kualitas budidaya lebih unggul.


“Kami dari kecamatan turut mengawal penggunaan anggaran dan pelaksanaannya serta sumbang saran supaya kegiatan tersebut tepat guna tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan. Semoga kegiatan ini mampu memperkuat ketahanan pangan masyarakat desa dan mencegah terjadinya stunting akibat kekurangan gizi” ungkap nya


Sementara, Ketua Tim Pengelola Kegiatan  menjelaskan pihaknya telah melaksanakan tahapan persiapan kegiatan mulai dari perencanaan sampai musyawarah desa yang dilaksanakan pada hari ini.


“Kami sudah mendapat arahan dan masukan dari pihak Kecamatan dan Kepala Desa dan jajaran termasuk RT RW dan Kadus, dan hasil musyawarah ini akan kami (Imas)

Type and hit Enter to search

Close