Bongkar News

Ini Catatan Pewarna Indonesia Bicara Tentang Indonesia di Tahun 2022


Bongkar Merdeka.com I Jakarta,- Sebagai wartawan atau jurnalis yang tugas utamanya membuat berita, tentunya memiliki catatan sepanjang tahun 2022 tentang banyak peristiwa di Indonesia. Bicara Tentang Indonesia yang setara. 

Catatan ini terungkap dalam percakapan santai silaturahmi natal anggota dan pengurus Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia (PWNI), Senin, tgl, (26/12/2022) dikediaman ketua umum PWNI, Yusuf Mujiono. 

"Silaturahmi ini bagian dari budaya Indonesia, dan ditengah suasana natal, kami anggota dan pengurus mendatangi Ketum kami, ungkap Moko Pengurus Pusat (PP) Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Pewarna Indonesia.

Berikut yang menjadi Catatan sepanjang tahun 2022 adalah meliputi pemerintahan, kehidupan umat, dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkait pemerintahan, upaya pemerintah mengendalikan Covid 19 terbukti berhasil, berbagai kegiatan masyarakat yang menimbulkan keramaian bisa diselenggarakan semisal perayaan hari besar keagamaan bahkan G20 sukses digelar di Bali. Pembangunan nasional diberbagai daerah masih berjalan, program-program jaminan sosial, agenda politik ekonomi, keamanan dan pertahanan juga masih terkendali relatif membaik. 

Kehidupan antar umat beragama juga masih terjaga dengan baik, meski masih ada persoalan terkait penyelenggaraan ijin mendirikan rumah ibadah. Ada beberapa bencana yang terjadi pun cepat direspon oleh seluruh masyarakat untuk bergotong royong memberikan bantuan. "Ketika agama menjadi perwujudan menjalankan sila pertama Pancasila, mestinya pemerintah bersama tokoh agama mampu menjaga kehidupan beragama seluruh warga, jelas Yusuf menegaskan. 

Sementara kehidupan berbangsa dan bernegara dalam catatan perlu penguatan jati diri Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. "Dalam 2 tahun yaitu 2021 dan 2022 Pewarna melalui program kerjanya mengangkat nilai-nilai luhur yang sejak era Nusantara sudah menunjukkan kejayaan dan kedigdayaannya, kata Yusuf. 

Yusuf ungkap Pewarna Indonesia fokus pada menghidupkan kesetaraan sebagai sesama anak bangsa Indonesia. "Melalui karya jurnalistik, narasi dan pemberitaan yang berpihak pada masyarakat mewujudkan kehidupan yang damai dan sejahtera, tandasnya. 

Apa yang disampaikan Ketum Pewarna Indonesia diamini oleh seluruh anggota dan pengurus yang hadir. Lebih spesifik Amos menerangkan bahwa kesetaraan akan bisa tercapai bila setiap warga bangsa bisa melepaskan identitas pribadinya dari kepentingan bersama yang lebih luas. "Pelepasan dari kepentingan pribadi demi kepentingan bersama, cetusnya.Sementara Djoko Santoso mengapresiasi rekan-rekan Wartawan anggota Pewarna yang sudah memberitakan kegiatan Dirjen Pemasyarakatan dalam perayaan Natal 2022 via Zoom melibatkan tidak kurang dari 500 Lapas di seluruh Indonesia. 

Adapun anggota dan pengurus yang hadir yaitu Djoko Santoso (pengurus departemen komunikasi dan informasi), Amos (ketua departemen hukum dan advokasi), Sugi (pengurus departemen pengembangan media dan ekonomi Kreatif, Moko (pengurus departemen OKK), Denny Zakhirsyah (administrator KTA), hadir bersama putranya,  Ronald Marlisa (anggota), Christy (anggota PD DKI Jakarta, Christin (anggota PD. Jawa Barat), Yohana (anggota) bersama putranya, Maruap Sianturi (pengurus PC Kota Bekasi) dan Supriyadi rekan wartawan dari Christin. (Vid/tim)

Type and hit Enter to search

Close