Bongkar News

Dinkop UKM Perindag Kab. Lumajang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi SDM


Bongkar Merdeka.com I Lumajang - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan PT Naynau Jasa Utama dan LSP KJK menyelenggarakan Pelatihan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kelas Manager/Kepala Cabang dan Kelas Pengurus, selama dua hari yakni Selasa - Kamis, 14-16 Maret 2023, di RM Istana Kuliner.

Pelatihan yang diikuti oleh 60 peserta ini menurut Katemun, Amd selaku Kabagkop Diskopindag Lumajang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM pengurus dan pengelola KSP/USP-Koperasi di Kabupaten Lumajang. 

Nah..., dengan adanya Fasilitasi Pelatihan SKKNI diharapkan SDM Koperasi di Kabupaten Lumajang menjadi lebih Kompeten dalam pengelolaan koperasi dibuktikan dengan adanya sertifikat SKKNI.

Sebagaimana Permenkop No. 2 Tahun 2017, bahwa salah satu Persyaratan pembukaan Kantor Cabang dan/atau Kantor Cabang Pembantu KSP/USP-Koperasi maka calon kepala cabang wajib memiliki sertifikat standar kompetensi.

Output dari Pelatihan yakni 90% peserta pelatihan mengikuti Uji SKKNI sesuai dengan jabatannya di Koperasi. 

Hal ini tentu menjadi "jembatan" atas ketepatan prosedur pengelolaan koperasi sebagaimana Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku dan Peraturan Internal Koperasi agar Pengelolaan Koperasi menjadi lebih profesional.

"Dengan adanya pelatihan SKKNI diharapkan mampu meningkatkan jumlah koperasi sehat di Kab. Lumajang", ujar Katemun, Amd selaku Kepala Bidang Koperasi Diskopindag Lumajang.

Sumber : Humas Diskopindag Lumajang/ Red


Type and hit Enter to search

Close