Bongkar News

Hery Darmawan Resmi Serahkan 40 SK Pengurus Sektor GIBAS Se-Kabupaten Bogor






Bongkar Merdeka.com | Bogor,-

 Ketua Resort Gibas Kabupaten Bogor Ir. Heri Darmawan memberikan SK kepada seluruh Sektor se-kabupaten Bogor dan Memberikan  Pembekalan Organisasi di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Bogor  yang dilaksanakan pada tanggal (5 /3 2023).


Penyerahan SK kali ini diberikan langsung oleh Ketua Resort Gibas Kabupaten Bogor, Ir. Heri Darmawan Bersama pengurus Gibas Resort Kabupaten Bogor, Dalam arahannya, Ketua Resort Gibas Kabupaten Bogor, Ir. Heri Darmawan mengatakan saat memberikan SK tersebut sangat sarat makna dan diharapka untuk sama sama  komitmen dan saling mendukung agar senantiasa berjuang dan bekerja sama dalam menunaikan amanah Siliwangi yang dimiliki. Karena tugas dari seorang pemimpin yaitu merencanakan, menggerakkan dan mengawasi setiap aktivitas dalam organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran dari organisasi yang di pimpinnya maka dengan memiliki tujuan sebagai ketua Organisasi dapat memberikan pemahaman terkait badan perkumpulan Organisasi Barisan Anak Siliwangi agar memiliki satu pemahaman keilmuan yang sama agar semakin memahami aturan yang berlaku dan memperlancar aktifitas Organisasinya
Ketua Heri Darmawan juga  menyampaikan legalitas organsasi dan kepengurusan Dewan Pimpinan Resort Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (DPR GIBAS) Kabupaten Bogor, diantaranya Keputusan Menteri Hukum dan HAM, dan Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan GIBAS CINTA DAMAI dan juga Surat Keterangan Pemberitahuan Keberadaan Organisasi dari Bakesbangpol Kabupaten Bogor Sebagai dasar untuk diketahui dan menjadi pertimbangan perihal Kepengurusan Ormas GIBAS di Kabupaten Bogor yang mempunyai legitimasi dan diakui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, sebagai Dewan Pimpinan Resort GIBAS Kabupaten Bogor yang mempunyai Hak dan Kewenangan penuh untuk menjalankan fungsi organisasi untuk kepentingan internal maupun ekternal serta menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah, Dewan Pimpinan Rakyat Daerah, Lembaga-lembaga lainnya dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor.


Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi disingkat (GIBAS) yang bergerak dalam bidang Sosial Kemasyarakatan dalam arti yang seluas – luasnya. GIBAS adalah Wadah Aspirasi dan pejuangan Anak – Anak Bangsa yang menitikberatkan pada Gerakan Kemanusiaan dan Moral yang Berdasarkan Kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, dan merupakan Wadah Berhimpun Anak – Anak Bangsa yang berasal dari semua asal usul, Suku, Ras, Agama, Golongan, Gender dalam segala jenjang atau tingkatan yang memiliki kesamaan pandangan dan tujuan serta Wawasan Kebangsaan yang Bhineka Tunggal Ika, yang merupakan dasar berfikir dan bertindak untuk mewujudkan Bangsa dan Masyarakat yang Besar, Berbudaya dan tidak Diskriminatif guna mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Saat ini GIBAS Tumbuh dan Berkembang sebagai Wadah Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS) sesuai dengan Undang – Undang Nomor : 8 Tahun 1985 dan Peraturan Mentri Dalam Negri Nomor : 5 Tahun 1986 serta Visi Misi tujuan pendiriannya, yang telah memiliki keanggotaan baik Perorangan, maupun Kelembagaan (Badan – Badan Otonom) dilingkungan GIBAS, yang tersebar di Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Dasar Organisasi GIBAS, adalah : Pancasila sebagai Landasan Idil, Undang – Undang Dasar 1945 sebagai Landasan Konstitusional, Undang – Undang Nomor : 8 Tahun 1985 dan Undang – Undang Pemerintahan Nomor : 18 Tahun 1986 Jo. Permendagri Nomor : 5 Tahun 1986 sebagai Landasn Strukturil dan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi (PO) serta Keputusan Dewan Pimpinan Pusat GIBAS Sebagai Landasan Oprasional.


Heri Darmawan menggarisbawahi bahwa dengan penataan organisasi secara cermat, melakukan upaya pemerataan fungsi control sosial di 40 kecamatan selain menerapkan struktur organisasi, salah satu cara pengembangan dan untuk koordinasi antara semua sektor dalam melaksanakan Peran serta organisasi masyarakat sangatlah penting untuk mewujudkan masyarakat dan cita-cita bersama,” katanya.


Di tempat yang sama Rachman (Sekretaris Gibas Resort Kabupaten Bogor) menyampaikan bahwa melaksanakan kegiatan organisasi dengan sepenuh hati apapun tugasnya harus dijalankan dengan rasa tanggung jawab Dalam kegiatan Pemberian SK kepada 40 Kecamatan, untuk menentukan atau menetaapkan status resmi sebagai ketua sehingga dapat dipertanggung jawabkan dan juga untuk memberikan kepastian tertulis secara resmi dan memiliki jaminan legalitas hukum secara tertulis
Rachman juga menyampaikan bahwa sekretaris dituntut untuk mempunyai kemampuan manajerial di samping kemampuan teknis yang harus dimiliki antara lain mempunyai sifat diplomatis, mampu membantu meringankan beban dalam mempersiapkan presentasi yang lebih baik dan dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap organisasi baik internal maupun eksternal relations.


Lebih lanjut, ia mengatakan motivasi merupakan hal yang penting dan harus dipelajari begitu mendalam. Karena berdampak besar bagi kehidupan banyak orang maka dari itu untuk Meningkatkan partisipasi Organisasi Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi dan keberadaanyan di tengah tengah masyarakat untuk membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat, Melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, dan budaya yang hidup dalam masyarakat sesuai yang tertuang dalam Wangsit Siliwangi dan Inilah yang senantiasa menjadi Inspirasi dan Motivasi segenap Anggota serta Perangkat Organisasi GIBAS dalam rangka Karya dan Kekayaaan GIBAS bagi Kepentingan segenap Anggota, Masyarakat, Bangsa dan Negara pada umumnya.   


Fungsi GIBAS adalah Wadah Aspirasi dan pejuangan Anak – Anak Bangsa untuk meningkatkan Hak dan Tanggung Jawabnya baik hak sebagai warga masyarakat maupun hak sebagai warga Negara, yang berfungsi sebagai sarana komunikasi, Informasi, Konsultasi dan Sambung Rasa serta Silaturahmi antar anggota dengan anggota, antar anggota dengan masyarakat dan atau Institusi Masyarakat lainnya serta antar GIBAS dengan Pemerintah atau Lembaga Negara lainnya mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Organisasi Masyarakat GIBAS ( Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi )." ucapnya.


Dalam penyerahan SK Pengurus Sektor 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor juga diberikan pengarahan tentang Wawasan Organisasi panitia berupaya bekerja sama dengan tokoh masyarakat yang sangat berkompeten di bidang keorganisasian dengan mendatangkan saudara HE, Dian Asmara, S.Pd., SP (Tokoh Muda dari Cibinong-ref) sebagai pengisi acara dengan tema “Pengertian Organisasi Manfaat dan Fungsi Berorganisasi”, dalam paparanya disampaikan Organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dam hanya manusia yang memiliki sifat kedinamisan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan organisasi dengan baik, maka diperlukan sumber daya untuk mencapainya.


Dalam waktu hamper 30 menit yang disampaikan Dian Asmara tentang “Peran dan Fungsi Kepemimpinan Organisasi”, kepemimpinan dalam tataran praktis senantiasa berkembang bersamaan dengan pertumbuhan dan era yang terus menapaki tangga-tangga kehidupan jauh lebih tinggi dari apa yang sebelumnya kita lalui. Dan sejarah membuktikan bahwa tidak peduli cara atau sistem apapun yang diterapkan kepemimpinan, sudah ada sejak nenek moyang dahulu kala, kerjasama dan saling melindungi telah muncul bersama-sama dengan peradapan manusia.

 
Dalam memimpin suatu organisasi, secara umum seorang pemimpin harus memenuhi berbagai kriteria yang antara lain adalah: menegakan ilmu/kebenaran; teguh pendirian (Istiqamah), memiliki kecakapan dan kemampuan (Kapasitas).


Dian Asmara juga berikan pesan kepada pemimpin sector di 40 Kecamatan di kabupaten Bogor untuk suksesnya sebuah organisasi harus mempunyai pemimpin yang berupa sifat-sifat tertentu seperti: kepribadian (personality), kemampuan (ability) dan kesanggupan (capability). Kepemimpinan juga sebagai rangkaian kegiatan (activity) pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan (posisi) serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri. Kepemimpinan adalah proses antar hubungan atau interaksi antara pemimpin, pengikut, dan situasi.


Menurut kodrat serta irodatnya bahwa manusia dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Sejak Adam diciptakan sebagai manusia pertama dan diturunkan ke Bumi, Ia ditugasi sebagai Khalifah fil ardhi. Sebagaimana termaktub dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 30 yang artinya, “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat”; “Sesungguhnya Aku akan mengangkat Adam menjadi Khalifah di muka Bumi”. Perkataan Khalifah oleh sebagaian mufassirin berarti penghubung atau pemimpin yang diserahi untuk menyampaikan atau memimpin sesuatu. Sehingga jelaslah bahwa manusia telah dikaruniai sifat dan sekaligus tugas sebagai seorang pemimpin untuk itu maka tanggungjawab sebagai ketua sektor di setiap kecamatan di 40 kecamatan di kabupaten Bogor ini harus sunguh sunguh dan berprinsip antra lain adil, jujur, arif dan bijaksana, bersikap mandiri, integritas tinggi, tanggung jawab, menjunjung tinggi harga diri, berdisiplin tinggi, rendah hati dan professional.


Sementara itu oleh sebagian besar orang seringkali memaknai antara pemimpin dan kepemimpinan dengan arti yang sama, padahal pengertian tersebut berbeda. Pemimpin adalah orang yang tugasnya memimpin, sedangkan kepemimpinan adalah bakat dan atau sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Kepemimpinan membutuhkan penggunaan kemampuan secara aktif untuk mempengaruhi pihak lain dan dalam wujudkan tujuan organisasi yang telah ditetapkan lebih dahulu.


Seorang pemimpin tidak cukup hanya memiliki hati atau karakter semata, tapi juga harus memiliki serangkaian metode kepemimpinan agar dapat menjadi pemimpin yang efektif. Banyak sekali pemimpin memiliki kualitas sari aspek yang pertama yaitu karakter dan integritas seorang pemimpin, tetapi ketika menjadi pimpinan formal, justru tidak efektif sama sekali karena tidak memiliki metode kepemimpinan yang baik. Mudah mudahan dengan terbentuknya pemimpin Organisasi Gibas sektor di 40 Kecamatan di kabupaten Bogor mampu mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan Bersama, dan saya berpesan terutama untuk Para ketua Rahasia utama kepemimpinan adalah kekuatan terbesar seorang pemimpin bukan dari kekuasaanya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Seorang pemimpin sejati selalu bekerja keras untuk memperbaiki dirinya sebelum sibuk memperbaiki orang lain.

Semoga Pemimpin Gibas Kabupaten Bogor dan Sektor Sektor di setiap kecamatan senantiasa akan bersikap arif dan berlaku bijaksana Salam Gibas Cinta Damai." pungkasnya.


Penulis     :      vid
Editor        :     Redaksi

Type and hit Enter to search

Close