Bongkar News

Ciptakan Kenyamanan, Pemkab Bogor Lakukan Aksi Pembersihan Cibinong Situ Plaza




Bongkar Merdeka.com | Bogor,-
 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor gerak cepat melakukan aksi pembersihan Cibinong Situ Plaza selama tiga hari berturut-turut dengan cara turun langsung menyisir dan menyusuri situ, oleh tim dari DLH, DPKPP juga Pramuka Kabupaten Bogor. Itu dilakukan untuk menciptakan kebersihan dan kenyamanan lingkungan Cibinong Situ Plaza, Selasa (30/5/23). .

Sebagai informasi, untuk hari pertama pembersihan Cibinong Situ Plaza dilakukan oleh jajaran DLH. Sementara untuk Pembersihan Cibinong Situ Plaza selanjutnya akan dilakukan oleh tim dari DPKPP juga Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor.

Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli Masnen mengungkapkan bahwa, kegiatan pembersihan Cibinng Situ Plaza adalah salah satu upaya untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan Cibinong Situ Plaza yang merupakan situ kebanggan Pemerintah Kabupaten Bogor juga seluruh masyarakat Kabupaten Bogor.

"Hari ini kita minta teman-teman yang biasa di sungai untuk turun, menyisir, mengangkut sampah-sampah atau lumut-lumut yang ada di sekitar wilayah setu," tutur Ismambar.

Menurutnya, menjaga kebersihan Cibinong Situ Plaza sangat penting dilakukan. Terlebih dimomentum keberangkatan haji seperti saat ini. Ketika kondisinya bagus juga akan memotivasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan baik Kabupaten Bogor maupun lingkungan Cibinong Situ Plaza. 

"Saat ini, banyak tamu jamaah haji. Kita bersihkan dan rapikan, sehingga nanti mereka juga bisa menjaga. Sehingga mereka nanti akan segan membuang sampah tidak pada tempatnya, karena tempat-tempat sampah sudah kita sediakan disini," bebernya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan tanggung jawabnya terhadap sampah. Bukan peduli lagi, tapi tanggung jawab terhadap sampah. 

"Jadi kalau misalkan sedang berekreasi di sekitar setu, mari, sampahmu menjadi tanggung jawabmu, sampahku menjadi tanggung jawabku, sesuai dengan hati nurani yang kita miliki," ungkapnya. 

Terpisah, Kabid Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) DPKPP Kabupaten Bogor, Nunung Toyibah mengungkapkan, akan lebih aktif melakukan pembersihan Situ Plaza Cibinong secara berkala dengan melibatkan tim Park Ranger DPKPP, DLH, Pramuka serta dinas terkait lainnya.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Pramuka juga DLH untuk bersama-sama melakukan bebersih Situ Plaza Cibinong," imbuhnya.


Penulis  :  han/doy
Editor     :  Redaksi

Type and hit Enter to search

Close