Bongkar News

Dalam Rangka Peringati Hardiknas, Ini Target Kadisdik






Bongkar Merdeka.com | Madiun,-

Kota Madiun peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan berbagai macam kegiatan. Dimulai dari upacara peringatan Hardiknas hingga gelar kreativitas siswa dan juga pameran kreativitas siswa. Kegiatan ini diadakan dikawasan wisata Sumber Wangi. Selasa Tgl (2/5/2023).

 Ada berbagai macam pertunjukan yang ditampilkan langsung oleh siswa siswi pelajar di kota Madiun, mulai dari menyanyi, dongkrek, pantomin, kesenian reog, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati menyambut Hardiknas tahun menjelaskan bahwa untuk belajar tidaklah pandang usia. Belajar itu sepanjang hayat.

"Hardiknas tahun ini tidak hanya untuk mengenang kelahiran Bapak Pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara, melainkan lebih kepada seluruh masyarakat bahwa belajar itu sepanjang hayat sehingga mampu meningkatkan potensi mereka," terang Lismawati.

Diharapkan dengan mengasah minat dan bakat para peserta didik bisa mengoptimalkan potensi yang ada dalam dirinya untuk bekal nanti terjun di masyarakat.

"Anak-anak dapat memperoleh potensi yang benar-benar ada dalam dirinya secara optimal sebagai bekal untuk nanti terjun di lingkungan masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu, terkait dengan tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar", Lismawati menerangkan bahwa dibutuhkan kebersamaan dan kebebasan dalam kegiatan belajar yang sifatnya positif.

"Jaman dulu kita belajar sering ditakut-takuti, ramai sedikit dimarahi. Padahal ramainya anak-anak itu ya berdiskusi, menyampaikan ide pendapatnya. Dan ada rasa percaya diri juga," tuturnya.

Sehingga dengan merdeka belajar para pendidik diharapkan mampu mewadahi serta menggali kemampuan para peserta didiknya.

"Merdeka belajar itu bukan berarti bebas tidak belajar, melainkan anak itu bisa kita wadahi dan arahkan kepada potensi yang dia miliki sesuai bakatnya," tutup Lismawati.

Penulis :    pha 
Editor    :   Redaksi

Type and hit Enter to search

Close