Bongkar News

Jaga Kelestarian Ekosistem Perikanan POKMASWAS Kabupaten Pasuruan Adakan Sosialisasi Pembinaan






Bongkar Merdeka.com | Pasuruan,-

Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron sangat menaruh harapan kepada POKMASWAS (kelompok masyarakat pengawas) Perikanan agar lebih aktif lagi dalam memaksimalkan tugas dan perannya di masyarakat pesisir . 

Khususnya dalam memberikan Edukasi kepala nelayan agar senantiasa menjaga kelestarian Sumberdaya Kelautan dan Perikanan .

Dalam arahannya yang disampaikan pada saat membuka pembinaan POKMASWAS di Wilayah pesisir yang dipusatkan di Pendopo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan .

Wakil Bupati Pasuruan Gus Mujib Imron mengatakan, ia menggaris bawahi tentang pentingnya menjaga kawasan Konservasi perairan pesisir . Tentunya untuk membangun kesadaran kolektif para nelayan tersebut harus dilakukan secara bersama-sama dan kontinyu," tuturnya .

Gus Mujib mengajak, Ayo, POKMASWAS harus terus berperan dalam mengedukasi nelayan agar melestarikan ekosistem di pesisir . Kami mengajak , mari kita mencari rezeki yang halal secara bersama-sama insyaallah dengan niat ibadah mencari rezeki ada peningkatan kesadaran bahwa laut harus kita jaga . Ikan yang kecil-kecil harus dilestarikan untuk kedepannya," ungkap Wakil Bupati Senin (22/5/2023)

Gus Mujib menjelaskan, POKMASWAS juga harus mampu menjadi mediator kepada para nelayan. Dengan peningkatan kesadaran dalam menjaga keberlangsungan Ekosistem laut. 

Maka secara otomatis akan memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian ikan untuk mencukupi kebutuhan generasi dimasa yang akan datang, Pantai, Laut , harus terus kita jaga .

Sebagai media edukasi, POKMASWAS juga bisa memanfaatkan TIK . Itu harus dioptimalkan apalagi sekarang ini eranya serba digital," jelasnya .

Monggo kita harus terus berkomitmen jaga kelestarian alam kita , supaya anak cucu kita masih bisa mendapatkan ikan - ikan . Secara keekonomian juga tetap dapat diperoleh nya." pungkas Gus Mujib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasuruan Alfi Khasanah dan Muspika Kecamatan Kraton .

Tidak terkecuali tim POKMASWAS yang tampak antusias selama mengikuti forum diskusi yang berlangsung dinamis tersebut.

POKMASWAS dibentuk oleh Pemerintah untuk membantu melakukan upaya penyadaran hukum melalui sosialisasi dan pelaksanaan prinsip 3 M yaitu Melihat / mendengar, mencatat dan melaporkan.

Fungsi nya ini tidak hanya bertugas dalam pengawasan saja , terkesan konservasi perairan saja . 

Tetapi juga turut serta dalam melakukan sosialisasi aturan pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan .

Penulis : Ika Romadiani /Abdullah
Editor   :  Redaksi

Type and hit Enter to search

Close