Bongkar News

Kota Pendekar Menggelar O2SN Menjaring Atlet Berbakat






Bongkar Merdeka.com |Madiun,-

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN Kota Madiun kembali digelar. Acara tersebut bertempat di Gor Stadion Wilis Kota Madiun, Selasa 23 Mei 2023.

Dalam acara O2SN tersebut dilombakan lima cabang olahraga, yang terdiri dari bulutangkis renang, atletik, karate dan pencak silat.  Setelah sempat diselenggarakan secara online selama 2 tahun akibat pandemi, 02SN ini diselenggarakan lagi secara langsung seperti sebelum pandemi.

Para atlet karate dan pencak silat jenjang SMA baik kelas putra maupun putri beradu kemampuan terbaiknya untuk meraih juara dalam pertandingan tersebut. Karena para pemenang dalam olimpiade ini bakal otomatis mewakili kota Madiun untuk berkompetisi ke tingkat selanjutnya.

Ketua Pelaksana O2SN, Supriyanto menjelaskan " Dua tahun 02SN dijalankan secara online jadi tidak bisa mengukur kualitas, harapannya setelah gelaran ini bisa tau kualitas seperti apa. Kita optimis untuk mendulang medali di 02SN tingkat provinsi," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator 02SN Cabor Pencak silat pardiono mengatakan bahwa pada tahun ini pencak silat hanya diikuti oleh 3 putri dan 3 putra perwakilan terbaik dari SMA negeri dan swasta yang ada di kota Madiun.

"Peserta sedikit karena terkendala kelas dan usia. Mereka yang tanding Hari ini ikut kelas E berat 55-59 kg tapi kita tetap optimis bisa meraih medali," terangnya.

Sebagai informasi, O2SN ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMK, SMA dan MA yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga, sekaligus sebagai upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran, serta rasa solidaritas yang tinggi antar peserta didik.

O2SN merupakan kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Gelaran O2SN telah terlaksana lebih dari satu dasawarsa. Pada tahun 2023 ini, O2SN telah memasuki tahun ke-16. Tahapan seleksi O2SN SMA berlangsung secara berjenjang, dimulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Penulis  :  arga
Editor    :  Redaksi

Type and hit Enter to search

Close