Bongkar News

Kuasa Hukum Pdt Gideon Saragih Minta Pihak Ephorus Datang Ke HKBP Cibinong


 


Bongkar Merdeka.com | Bogor,-

Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) jemaat Cibinong yang mendiami gedung baru bersama tim kuasa Hukum Pdt Gideon Saragih, yang diketuai Ronando Siallagan S.H. menggelar konfrensi Pers , buntut kedatangan Tim Praeses HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB, untuk melaksanakan pengosongan rumah dan asset- asset HKBP cibinong Resort Cibinong Pada hari selasa 06 Juni 2023, melalui surat yang ditandatangani Pdt Nekson Simanjuntak.

Kepada wartawan Tim Kuasa Hukum Pdt Gideon Saragih Mengatakan, ” Inti dari surat ini sudah kami jelaskan secara tegas bahwa saudara Pdt Nekson Simanjuntak (praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab), apabila memaksakan kehendaknya  untuk melakukan pengosongan jangan di salahkan kalau jemaat kami berontak,” tuturnya Ronando Siallagan, hari selasa Tanggal (06/06/2023).

Lanjutnya Ronando, dengan adanya peristiwa kejadian ini sungguh sangat memalukan dan mencoreng nama baik HKBP, serta hal tersebut mencoreng pimpinan distrik se – jabodetabek.

Jemaat gedung baru dengan tim kuasa hukum tersebut mempunyai asumsi hal yang serupa menganggap bahwa penyelesaian HKBP Cibinong tidak bisa hanya Praeses yang mengatasi.

” Saya dan jemaat berpikir sama dengan kejadian ini, tidak selesai cuma praeses turun tangan, karena jelas – jelas sudah ada perjanjian di tanggal 18 Desember 2022 lalu, Kapolres Bogor sudah membuat mediasi kesepakatan bersama bahwa tim pemulihan tidak akan melakukan kegiatan apapun di Gereja sebelum Ephorus datang ke tempat ini. Masalah ini juga tidak akan selesai jika Ephorus tidak turun ke HKBP Cibinong,” tambahnya Ronando Siallagan.

Kami juga melalui konfrensi pers ini ingin meminta, pihak Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil. Agar tidak ada intervensi kepada jemaat HKBP Cibinong Gedung baru, Ketika ingin mencatatkan Catatan Sipil pernikahannya jangan dipersulit.”Imbuhnya.

Di tempat yang sama Tim Kuasa Hukum Pdt Gideon saragih, Manuarang Manalu menjelaskan, bahwa di HKBP Cibinong terdapat dua kubu dan kedua kubu ini di tahun 2020 sudah ada perdamaian berlangsung di Polres Bogor disaksikan bersama – sama oleh Pdt.G. Saragih (Bangunan baru) dengan Pdt. T. Hutahaean (Bangunan lama)

” Di dua minggu yang lalu muncul surat dari preases inti dari surat itu mengambil alih semua asset HKBP Cibinong dan melalui surat somasi meminta Pdt. G. Saragih meninggalkan rumah dinasnya. Berdasarkan surat itu kemudian preases memberitahu akan datang pada hari ini,

Ia Berharap, pihak Ephorus dan Praeses datang ke HKBP Cibinong menyelesaikan ini secara damai, dicari jalan keluar, duduk Bersama. Itu yang belum ada sampai saat ini. agar permasalahan ini jangan berlarut larut.”pungkasnya.

Perwakilan jemaat HKBP Gedung baru Rumapea mengutarakan, saya merasa kecewa terhadap cara cara pimpinan HKBP yang tidak melakukan dengan secepatnya. Sebenarnya kalu dipikir pikir ini masalah sederhana kok. Saya ingin Ephorus segera turun tangan menyelesaikan masalah ini, agar tidak ada lagi bentrok sesama jemaat.”tutupnya.

Penulis :  Tim
Editor   :  Redaksi

Type and hit Enter to search

Close