Bongkar News

Ketua AJPB dan Warga Pogar Bangil Bersihkan Sampah Sungai yang Mengendap




Bongkar Merdeka.com | Pasuruan,-

warga Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan,Jawa Timur lakukan kegiatan bersihkan sampah sungai yang sedang mengendsp , sehingga aliran sungai di Pogar Bangil jadi terhambat dan tidak lancar . Kegiatan ini dilakukan oleh Warga RT 03, RW 03 Kelurahan Pogar Bangil dan di bantu oleh Dinas pengairan (SDA Cipta Karya & Tata Ruang) dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan , Minggu (23/7/2023)

Menurut Ketua AJPB Hendry Sulfianto warga Kelurahan Pogar tersebut saat di konfirmasi mengatakan , Untuk membersihkan Sungai yang ada di Pogar Bangil khususnya yang ada di jl. Gajah Mada depan stasiun Bangil sungai nya sangat tinggi Disentasinya, banyak sampah dari warga yang dibuang ke sungai sehingga apabila nanti dimusim penghujan di pastikan jalan Gajah Mada yang diporos Kota Bangil Kabupaten Pasuruan akan terjadi banjir, karena apa" sungai ini sudah tidak bisa menampung debit air dari air hujan yang ada yang selalu banjir," ungkap Hendry Warga Pogar Bangil .

Dia berharap , imbuh Hendry,  warga yang mempunyai usaha - usaha yang berada di atas sungai Pogar tersebut untuk tidak langsung menutup saluran sungai itu . Karena untuk buat jalan itu seharusnya pakai apsi sehingga nanti dari Dinas Pengairan, DLH dan Instansi terkait kalau ada yang mau Normalisasi sungai tersebut agar bisa terlaksana dan tidak terganggu ," jelasnya .

Sehingga kata Hendry hari ini Minggu 23 Juli 2023 kami beserta warga Pogar beserta ketua RT 03, RW 03, Kelurahan Pogar Kecamatan Bangil dengan dibantu  oleh Dinas Pengairan, DLH , DAS Wrati  Kabupaten Pasuruan .

Kenapa demikian karena sungai ini meliputi aliran ke sungai DAS Wrati . Tidak hanya itu untuk bangunan yang sudah berdiri di atas sungai tersebut pihak Satpol PP harus menindak dengan tegas bahwa bangunan liar yang berdiri itu untuk dibongkar sesuai aturan, bangunan liar tersebut yang telah menutup aliran sungai sehingga air tidak bisa lancar sehingga bisa menyebabkan banjir . Dan juga banyak tikungan yang bisa menghambat air," tutupnya . 

Penulis ; Ika Romadiani / Abdullah
Editor   :  Redaksi

Type and hit Enter to search

Close