Bongkar News

Ketua DPRD Rudy Susmanto: Bantuan Keuangan Samisade Sangat Penting untuk Membangun Kabupaten Bogor






Bongkar Merdeka.com | Bogor,

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menyebut bantuan keuangan (Bankeu) infrasturuktur desa atau Satu Miliar Satu Desa (Samisade), sangat penting untuk membangun Kabupaten Bogor.

Untuk itu, Rudy Susmanto sangat setuju jika anggaran Samisade tersebut akan terus di gelontorkan.

“Membangun Kabupaten Bogor dengan luasnya wilayah, ada 40 Kecamatan, 416 Desa dan 19 Kelurahan, harus didorong dari tingkat paling bawah, yaitu tingkat Desa. Kami sangat setuju bahwa bantuan keuangan infrastruktur desa atau Samisade, untuk terus dilanjutkan,” kata Rudy Susmanto kepada media, Sabtu (16/9/23).

Rudy Susmanto meminta agar Pemerintah Desa (Pemdes) harus bisa bertransformasi dalam menyiapkan administrasi pengajuan anggaran Samisade, agar dapat segera terealisasi sesuai peraturan.

“Bahkan anggarannya pun bukan hanya 1 miliar, tapi melihat kemampuan daerah.

Tapi tentunya beberapa desa pun harus bertransformasi agar proses administrasi dan pelaksanaannya sesuai dengan kerentuan peraturan perundang-undangan yang ada,” ujarnya.

Menurut Rudy, untuk APBD tahun 2024, DPRD Kabupaten Bogor tetap menganggarkan Samsisade.

“Kita tetap menganggarkan di APBD 2024. Karena kalau pembangunan ini dengan sistem buttom up dan dari atas kebawah, kurang mengena. Dengan luasnya wilayah, harusnya pembangunan dari bawah keatas,” jelasnya.

“Namun untuk beberapa desa yang sedang berproses hukum terkait Samisade tentu kita akan tunda dulu,” tukas Rudy.


Penulis : doy
Editor    : Redaksi

Type and hit Enter to search

Close