Bongkar News

Pemkab Bogor dengan Pemerintah Pusat Kolaborasi Ciptakan Mudik Aman Berwisata Nyaman di Wilayah Kabupaten Bogor



Bongkar Merdeka.com | Bogor,-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno kolaborasi cek langsung Pos Pengamanan (Pospam) mudik yang berlokasi di Gadog Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, hal itu dilakukan untuk melihat kesiapan jalur mudik di wilayah Puncak yang juga bersinergi dengan jalur wisata, Senin (8/4/24). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengatakan, jalur Puncak selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan, tapi juga menjadi pilihan bagi para pemudik, terutama yang roda dua. Berdasarkan data yang disampaikan, ada sekitar 193,6 juta pemudik dan yang melintasi di jalur Bogor Puncak ini diperkirakan antara 140-160 ribu pengendara. 

Katanya, berarti empat kali lipat dari daya tampung kapasitas jalan ini. Tentunya harus ada beberapa rekayasa lalu lintas maupun juga kesiapan destinasi, termasuk jalur-jalur alternatif juga sudah disiapkan.

"Harapannya agar kebersihannya dijaga, juga tempat parkirnya ditata dengan rapi, juga jangan sampai ada percaloan, jangan sampai ada pemalakan. Kita harapkan juga destinasi desa-desa wisata ini, terutama yang sekitar Puncak ini seperti Desa Batulayang, Tugu Utara, ini mempersiapkan diri untuk menghadirkan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan," tegas Sandiaga Uno.

Ia juga menyampaikan, apresiasi kerjasama yang luar biasa antara Pj. Bupati Bogor dan instansi terkait karena kesigapan inilah yang sangat diperlukan, bukan hanya dari penyiapan destinasinya, jalurnya, tapi juga UMKM-UMKM-nya.

Lanjut Sandiaga Uno, tadi dijelaskan UMKM ini sudah diberikan pelatihan-pelatihan, sehingga nanti produk-produknya akan lebih bisa meningkat dan membawa dampak ekonomi yang luas kepada masyarakat.

"Saya terima kasih kepada Polri dan TNI, Basarnas, PUPR, Dinas Kesehatan, Damkar, dan juga semua yang telah terlibat juga Bapak Pj. Bupati mudah-mudahan liburan kali ini lebih baik dari tahun lalu dan dampak pada ekonomi masyarakatnya lebih luas," beberny.

Menparekraf RI menegaskan bahwa, Kabupaten Bogor kaya akan potensi yang terus didukung maju oleh Pj. Bupati Bogor. 

"Untuk itu, destinasi wisata terus kita benahi, terus semangat berkolaborasi," jelasnya.

Di tempat yang sama, Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor bersama seluruh jajaran, termasuk Forkopimda, TNI, Polri juga Basarnas, sifatnya siap untuk menyambut wisatawan di Kabupaten Bogor. Karena ini adalah salah satu potensi yang ada di Kabupaten Bogor.

"Maka tentu kami persiapkan semuanya, bukan hanya infrastruktur fisik, tapi juga termasuk personil di lapangan, bahkan dukungan terhadap para wisatawan terkait dengan UMKM. Bahkan mitigasi bencana di lokasi-lokasi wisata juga sudah kita persiapkan, dan kami tugaskan personil untuk standby di lokasi-lokasi tersebut," Pj. Bupati Bogor mengungkapkan. 

Menurut Asmawa Tosepu, semua dilakukan dalam rangka memastikan, memberikan kenyamanan kepada para wisatawan, warga negara yang berlibur. 

"Karena ini cukup panjang liburannya, sehingga dipastikan bahwa liburannya menyenangkan," imbuhnya.

Penulis   :  ds/vid
Editor      :  Redaksi

Type and hit Enter to search

Close